5 Alasan Mengapa Harus Doa kepada Allah

5 Alasan Mengapa Harus Doa kepada Allah

Doa Islam – Berdoa merupakan kebutuhan setiap umat kepada Tuhannya. Semua agama mengajarkan hal tersebut. Begitu juga dalam Islam. Namun pertanyaannya, mengapa kita dianjurkan untuk selalu berdoa? Bukankah Allah telah menentukan jalan hidup manusia selama di dunia, bahkan jauh sebelum manusia dilahirkan? Dan, bukankah takdir Allah tidak bisa diganggu gugat oleh siapa pun juga? Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa kita harus selalu berdoa kepada Allah Swt.



1. Karena Allah Pencipta Manusia
Allah adalah pencipta semua makhluk yang ada di bumi, termasuk manusia. Ini artinya, Allah-lah yang mempunyai hak penuh atas takdir kita. Apa pun keinginan Allah, maka itulah yang terjadi. Nah, jika kita sebagai manusia menginginkan sesuatu, sudah pasti hanya kepada sumber penciptalah, yaitu Allah, tempat meminta. Dialah yang akan mengabulkan atau menolak doa kita, tergantung dari cara dan isi doa yang kita panjatkan tersebut.

2. Karena Hanya Allah yang Maha Menguasai dan Mengetahui
Karena Allah merupakan pencipta manusia, maka Dialah yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Allah-lah yang zat yang paling berkuasa atas segala sesuatunya. Sebaliknya, sebagai manusia yang diciptakan dengan kemampuan terbatas, kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi pada diri kita kelak di kemudian hari. Harapannya, pasti ingin selalu mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Namun, harapan sering kali tidak sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, satu-satunya jalan yang perlu kita lakukan adalah berdoa kepada Allah yang Maha Menguasai agar kita mendapatkan kebahagiaan tersebut.

3. Sebagai Bukti Ketaatan dan Kepatuhan Seorang Hamba kepada Penciptanya
Allah telah berkenan menciptakan diri kita ke dunia ini, merupakan anugerah terbesar yang kita miliki. Sebagai tanda terima kasih, kita harus taat dan patuh dengan setiap aturan yang diberikan oleh-Nya. Dan, salah satu perintah yang diberikan Allah kepada kita adalah agar kita selalu berdoa kepada-Nya. Ini artinya, dengan selalu berdoa kepada Allah, kita telah membuktikan ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah Swt.

4. Sebagai Sarana Komunikasi dengan Tuhannya
Allah tidak berwujud seperti halnya manusia dan makhluk lain di bumi. Artinya, kita tidak bisa berbincang-bincang secara langsung kepada-Nya, seperti saat berbincang dengan sesama manusia. Hanya dengan doa dan shalat-lah kita bisa berkomunikasi dengan Allah. Dengan kata lain, doa merupakan sarana komunikasi antara manusia dengan Tuhannya.

5. Karena Doa Dapat Mengubah Takdir
Memang, Allah telah menuliskan takdir kita sebelum kita dilahirkan. Namun, takdir tersebut bisa diubah dengan doa-doa tulus yang kita panjatkan setiap hari. Sebab, Allah Maha Kasih. Dia tidak akan membiarkan umat-Nya yang tulus berdoa dan selalu menjalankan semua perintah-Nya mengalami kehidupan yang tidak baik selama di dunia. Dan, apa pun yang dikehendaki-Nya, maka terjadilah. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.

Itulah beberapa alasan mengapa kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk selalu berdoa dan memohon pertolongan hanya kepada Allah selama menjalani liku-liku kehidupan ini. Lalu, mengapa kita masih enggan untuk berdoa? Mengapa kita selalu terburu-buru bangkit setelah selesai shalat tanpa pernah menengadahkan tangan kita kepada-Nya? So, jangan pernah lelah untuk berdoa dan putus asa dengan hasilnya. Selalu panjatkan doa meskipun Allah belum mengabulkannya saat ini. Allah yang Maha Tahu tentang kebutuhan umat-Nya saat ini. Semoga Allah selalu mengabulkan doa-doa kita, cepat atau lambat. Amin.

Back To Top