Doa Agar Dikabulkan Allah Swt

Adab Doa Agar Dikabulkan Allah Swt.
Doa Islam – Berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah Swt. merupakan kebutuhan setiap umat Islam. Sebab, siapa lagi tempat bergantung manusia selain kepada penciptanya. Hanya saja, agar doa tersebut dapat dikabulkan Allah, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa adab yang harus dilakukan. Ibarat meminta tolong kepada sesama manusia, pastinya kita berbaik-baik terlebih dahulu kepada orang yang akan kita mintai tolong. Begitu juga dengan Allah. Berikut ini beberapa adab atau tata cara berdoa tersebut:
# Persiapan Doa

Sebelum berdoa, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, baik hati, pikiran, maupun penampilan. Tidak hanya itu, berdoa juga sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat. Berikut ini uraian lebih jelasnya:
1.  Tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang haram.
2.  Dalam keadaan suci (mandi, berwudhu) dan mengenakan pakaian bersih.
3.  Lakukan pada waktu-waktu mulia, seperti hari Jum’at, hari Arafah, bulan Ramadhan, dan sepertiga malam.
4.  Menghadap kiblat dan menundukkan kepala.
5.  Lakukan dengan menengadahkan kedua telapak tangan, memohon dengan amat sangat.
6.  Akan lebih baik jika dilakukan secara khidmat pada saat sujud atau sebelum dan setelah shalat wajib,

# Saat Berdoa
Setelah persiapan doa dilakukan, saatnya melakukan doa dengan khusyu’. Pada saat berdoa, ada beberapa urutan yang bisa dilakukan:
1.  Awali doa dengan bacaan ta’awud dan basmalah untuk melindungi dari segala godaan setan yang bisa menyusup di segala sendi kehidupan manusia, termasuk pada saat berdoa.
2.  Lanjutkan dengan memuji Allah Swt., menyebut asma-asma dan sifat-sifat Allah yang mulia dan Maha Tinggi.
3.  Iringi dengan shalawat dan salam kepada Rasulullah Saw. beserta keluarganya.
4.  Membaca syahadat dan istighfar, memohon ampunan Allah atas segala dosa yang pernah dilakukan selama ini, baik yang disengaja maupun tidak.
5.  Menyebutkan doa yang diinginkan dengan bahasa sederhana, khusyu’, suara yang lemah lembut, dan merendahkan diri penuh harap.
6.  Jika ingin mendoakan orang lain, mulailah dengan berdoa untuk diri sendiri terlebih dahulu, baru kemudian mendoakan orang lain.
7.  Tutup doa dengan memuji Allah kembali dan menyerahkan semua keputusan hanya kepada Allah. Mengucapkan “amin” yang berarti harapan untuk dikabulkannya doa juga perlu dilakukan.

# Setelah Berdoa
Setelah melakukan doa, yakinkan pada diri bahwa Allah pasti akan mengabulkan doa Anda. Jika pun belum juga terkabul, yakinlah bahwa Allah pasti akan mengganti yang lebih baik lagi. Dalam hal ini, yang terpenting jangan berprasangka buruk dengan keputusan Allah. Teruslah berdoa tanpa rasa putus asa. Bersabar, rajin mengerjakan shalat, dan terus melakukan kebajikan adalah kunci utama dikabulkannya doa kita, seperti yang disebutkan Allah dalam QS. Al-Baqarah ayat 153.
Itulah beberapa adab jika ingin doa kita dikabulkan oleh Allah Swt. Berdoa tidak hanya asal berdoa. Meskipun  Allah telah berjanji pasti akan mengabulkan doa umat-Nya, tentunya dengan syarat-syarat tertentu, seperti menjauhi perbuatan dosa, menjauhi barang-barang haram, selalu berbuat kebajikan, dan pastinya bersabar serta tidak putus asa. Jika Allah belum juga mengabulkan doa kita, bisa jadi ada yang salah terhadap doa kita, baik persiapan maupun pada saat berdoa. Introspeksi diri, terus berdoa, dan berserah diri terhadap semua keputusan Allah adalah langkah paling tepat agar jalan hidup kita, baik di dunia maupun akhirat, menjadi lebih baik. Semoga Allah selalu mengabulkan doa-doa kita bersama. Amin...!

Back To Top