Perempuan paling cantik menurut islam

Wanita Cantik Menurut Pandangan Islam

Allah Swt. telah menciptakan setiap makhluk di dunia ini dengan sempurna. Begitu pun dengan wanita, mereka memiliki pesona dan keindahannya masing-masing. Setiap wanita di dunia ini cantik. Namun kecantikan bersifat relatif, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Kriteria wanita cantik sangat lah beragam, dari mulai rupa wajah, tubuh, warna kulit, hingga pendidikan dan harta yang dimilikinya. Namun sebenarnya kecantikan seseorang tidak hanya dinilai dari penampilan fisiknya saja, namun juga kecantikan dari dalam atau biasa kita sebut dengan inner beauty, yakni kecantikan yang berasal dari perilaku dan akhlaknya yang baik. Lalu bagaimana definisi wanita cantik menurut pandangan Islam?


Rasulullah Saw. pernah bersabda bahwa “Sesungguhnya Allah Swt. tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian, tapi Ia melihat hati dan amal kalian.” (HR Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa kecantikan bukan didasarkan pada bentuk fisik, namun pada akhlak yang dimiliki seseorang. Wanita cantik menurut pandangan Islam memiliki ciri beriman dan taat kepada Allah Swt. Dalam hal ini yang dimaksud dengan beriman dan taat adalah mengerjakan amal baik dan meninggalkan amal buruk. Menjaga ibadah shalat wajib lima waktu dan shalat Sunnah serta menjalankan puasa wajib maupun puasa Sunnah. Tidak lupa juga untuk selalu bertawakal kepada Allah.

Selain itu, wanita cantik menurut pandangan Islam juga senantiasa menjaga lisannya. Bertutur kata baik menjadi salah satu kewajiban wanita dalam menjaga perilakunya. Memiliki sifat bijaksana dalam menghadapi kesulitan dan pandai menjaga sikap juga menjadi ciri wanita solehah. Tidak lupa juga untuk selalu bersikap rendah hati, tidak sombong ataupun riya dalam kehidupan.

Kriteria lainnya yang dimiliki oleh wanita cantik menurut pandangan Islam adalah menutup aurat dan menjaga kehormatannya. Dalam Islam, yang dimaksud dengan aurat wanita adalah seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Kewajiban untuk menutup aurat telah disampaikan oleh Allah Swt dalam Al-Quran 

Surat Al-Ahzab ayat 59 maupun Surat An-Nur ayat 31 yang berbunyi “Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat...”. 

Wanita harus mampu menjaga kehormatannya dengan menghindari perbuatan-perbuatan dosa atau maksiat, seperti zina. Wanita solehah sangat menghargai dan menjunjung tinggi harkat dan martabatnya sehingga ia akan selalu berhati-hati dalam bertindak agar kehormatannya tetap terjaga.

Selain beriman kepada Allah Swt. dan menjaga kehormatannya, wanita juga harus pandai dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri mereka, karena dalam Islam kebersihan merupakan bagian dari iman. Menjaga kebersihan diri, pakaian dan lingkungan akan membuat kita terhindar dari kotoran atau najis sehingga kesucian dalam beribadah akan senantiasa terjaga. Dengan menjaga kebersihan juga akan membuat hidup kita lebih sehat dan terhindar dari penyakit.
Back To Top